MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI
SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIAVEL
MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 1 GANDRUNGMANGU
Legiman
Abstrak
Prestasi belajar dan
aktivitas siswa belajar kelas VIII H SMP Negeri 1 Gandrungmangu masih tergolong rendah. Hal tersebut terbukti
dari hasil ulangan harian dan nilai ulangan tengah semester I yang jauh dari
criteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Rata –rata Hasil
Ulangan harian 57,74 dan rata- rata hasil Ulangan tengah semester 60,68.Tes
dilakukan pada setiap akhir siklus,sedangkan observasi
dilakukan pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Untuk menganalisis
data yang telah terkumpul digunakan analisis deskripsi komparatif dengan
membandingkan antara rata – rata nilai awal ( kondisi awal ) dengan nilai rata
– rata dari tiap siklus yang dilakukan . Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali
pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 40 menit tiap pertemuan. Setiap siklus
terdiri dari kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, evaluasi,dan refleksi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar matemátika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukan
dengan perolehan rata – rata hasil tes/evaluasi tiap siklusnya, yaitu dari 63,87 siklus I
menjadi 70,32 pada siklus II. Demikian pula untuk
ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan,hal ini ditunjukan dari
persentase ketuntasan belajar, yaitu 45,16%. pada
siklus I, 58.06%. pada siklus II . Dapat disimpulkan bahwa penerapan
pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis
masalah dapat meningkatkan prestasi belajar matematika
siswa pada pokok bahasan bangun sistem persamaan linear dua variabel
tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Prestasi
belajar, pembelajaran berbasis masalah,
sistem persamaan linear dua variabel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar