MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VII B SMP
NEGERI 1 MAOS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE
A MATCH
Aji Hidayat
(KOMDA MAOS MGMP MATEMATIKA SMP KAB. CILACAP)
ABSTRAK
Kekatifan dan
prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Maos masih sangat rendah. Hal
ini ditunjukkan dengan hasil ulangan harian kelas VII B yaitu 63,03. Rata-rata
ini masih jauh dari KKM yaitu 72. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang
kurang menarik dan merangsang keaktifan siswa. Model pembelajaran make a match
merupakan model pembelajaran yang merangsang siswa untuk aktif. Karena pada
model pembelajaran ini siswa harus bisa mencari pasangan kartunya, yaitu kartu
yang memiliki jawaban yang sama. Melalui penelitian tindakan kelas diharapkan
prestasi belajar dan keaktifan siswa meningkat dengan menggunakan model
pembelajaran make a match. Penelitian ini bermanfaat bagi siswa, guru dan
sekolah. Penelitian dilakukan pada saat pembelajaran dengan pengmabilan data
melalui tes dan pengamatan siswa. Untuk analisi data dilakukan melalui
deskripsi sederhana yaitu membandingkan persentasi masing-masing siklus. Waktu
penelitian adalah bulan November dan Desember 2013 di kelas VII B SMP Negeri 1
Maos pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Indikator
keberhasilan telah ditentukan berdasarkan kesepakatan dengan kolaborator yaitu
85% untuk prestasi belajar dan 35% untuk keaktifan siswa kategori tinggi, dan
50% kategori cukup. Hasil Penelitian diperoleh rata-rata ulangan pra PTK adalah
63,03, siklus 1 71,59 dan 77,00 untuk siklus 2. Ketuntasan pada praPTK 26,47%,
siklus 1 53% dan siklus 2 ketuntasannya mencapai 91,17%. Setiap siklus
mengalami peningkatan dan pada siklus 2 sudah mencapai kriteria indikator
keberhasilan. Keaktifan siswa juga sudah mengalami peningkatan. Secara
keseluruhan model pembelajaran make a match dapat meningkatan prestasi belajar
matematika dan keaktifan siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Maos.
Kata kunci : prestasi belajar,
keaktifan siswa, model pembelajaran make a match
Tidak ada komentar:
Posting Komentar