Kamis, 19 Desember 2013



PENINGKATAN PRESTASI  DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT MELALUI PROBLEM  BASED LEARNING
DI KELAS VII D SMP NEGERI 1 CILACAP

Oleh:
Sri Harini, S.Pd
Guru SMP Negeri 1 Cilacap


ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar matematika siswa  kelas VII D SMP Negeri 1 Cilacap pada pokok bahasan segiempat menggunakan problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cilacap pada bulan Nopember dan Desember 2013 semester I tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Cilacap tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 33 terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode tes dan observasi. Tes dilakukan sebelum penelitian dan setiap akhir siklus, sedangkan observasi dilakukan pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Untuk menganalisis data yang telah terkumpul digunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan antara rata–rata nilai awal (kondisi awal) dengan nilai rata–rata dari tiap siklus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 40 menit tiap pertemuan. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar  matemátika siswa pada pokok bahasan segiempat dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukan dengan perolehan rata–rata hasil tes/evaluasi tiap siklusnya,  yaitu dari 48,48 siklus I menjadi 90,91 pada siklus II atau ada peningkatan persentase ketuntasan belajar dari 48,48% pada siklus I menjadi 90,91% pada siklus II.  Sedangkan tingkat keaktifan belajar siswa juga meningkat dari 70,05% pada siklus I menjadi 73,2% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada materi segiempat pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Cilacap tahun pelajaran 2013/2014.  

Kata Kunci : Prestasi belajar, keaktifan belajar, problem based learning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar